Tanda-tanda kematian.. (Sholat yuk!)

Posted: 5 September 2006 in Daily Life

Tanda-tanda kematian

1. 100 hari : Seluruh badan rasa bergegar.
2. 60 hari : Pusat rasa bergerak-gerak.
3. 40 hari : Daun dengan nama orang yang akan mati di arash akan jatuh dan malaikat maut pun datang kepada orang dengan nama tersebut lalu mendampinginya sehingga saat kematiannya. Kadang-kadang orang yang akan mati itu akan merasa atau nampak kehadiran malaikat maut tersebut dan akan sering kelihatan seperti sedang rungsing.

4. 7 hari : Mengidam makanan.
5. 5 hari : Anak lidah bergerak-gerak.
6. 3 hari : Bahagian tengah di dahi bergerak-gerak.
7. 2 hari : Seluruh dahi rasa bergerak-gerak.
8. 1 hari : Terasa bahagian ubun bergerak-gerak di antara waktu subuh dan ashar.
9. Saat akhir : Terasa sejuk dari bahagian pusat hingga ke tulang solbi (di bahagian belakang badan) Seelok-eloknya bila sudah merasa tanda yang akhir sekali, mengucap dalam keadaan qiam and jangan lagi bercakap-cakap.


******Bila Malaikat Mencabut Nyawa******

Baginda Rasullullah S.A.W bersabda :
“Apabila telah sampai ajal seseorang itu maka akan masuklah satu kumpulan malaikat ke dalam lubang-lubang kecil dalam badan dan kemudian mereka menarik rohnya melalui kedua-dua telapak kakinya sehingga sampai ke lutut. Setelah itu datang pula sekumpulan malaikat yang lain masuk menarik roh dari lutut hingga sampai ke perut dan kemudiannya mereka keluar. Datang lagi satu kumpulan malaikat yang lain masuk dan menarik rohnya dari perut hingga sampai ke dada dan kemudiannya mereka keluar. Dan akhir sekali datang lagi satu kumpulan malaikat masuk dan menarik roh dari dadanya hingga sampai ke kerongkong dan itulah yang dikatakan saat nazak orang itu.”

Sambung Rasullullah S.A.W. lagi:
“Kalau orang yang nazak itu orang yang beriman, maka malaikat Jibril A.S. akan menebarkan sayapnya yang disebelah kanan sehingga orang yang nazak itu dapat melihat kedudukannya di syurga. Apabila orang yang beriman itu melihat syurga, maka dia akan lupa kepada orang yang berada disekelilinginya. Ini adalah kerana sangat rindunya pada syurga dan melihat terus pandangannya kepada sayap Jibril A.S.”
Kalau orang yang nazak itu orang munafik, maka Jibril A.S. akan menebarkan sayap disebelah kiri. Maka orang yang nazak tu dapat melihat kedudukannya di neraka dan dalam masa itu orang itu tidak lagi melihat orang di sekelilinginya. Ini adalah kerana terlalu takutnya apabila melihat neraka yang akan menjadi tempat tinggalnya.

Dari sebuah hadis bahwa apabila Allah S.W.T. menghendaki seorang mukmin itu dicabut nyawanya maka datanglah malaikat maut. Apabila malaikat maut hendak mencabut roh orang mukmin itu dari arah mulut maka keluarlah zikir dari mulut orang mukmin itu dengan berkata:
“Tidak ada jalan bagimu mencabut roh orang ini melalui jalan ini kerana orang ini sentiasa menjadikan lidahnya berzikir kepada Allah S.W.T.”

Setelah malaikat maut mendengar penjelasan itu, maka dia pun kembali kepada Allah S.W.T. dan menjelaskan apa yang diucapkan oleh lidah orang mukmin itu. Lalu Allah S.W.T. berfirman yang bermaksud:
“Wahai malaikat maut, kamu cabutlah ruhnya dari arah lain.”

Sebaik saja malaikat maut mendapat perintah Allah S.W.T. maka malaikat maut pun cuba mencabut roh orang mukmin dari arah tangan. Tapi keluarlah sedekah dari arah tangan orang mukmin itu, keluarlah usapan kepala anak-anak yatim dan keluar penulisan ilmu.

Maka berkata tangan : Tidak ada jalan bagimu untuk mencabut roh orang mukmin dari arah ini, tangan ini telah mengeluarkan sedekah, tangan ini mengusap kepala anak-anak yatim dan tangan ini menulis ilmu pengetahuan.”
Oleh kerana malaikat maut gagal untuk mencabut roh orang mukmin dari arah tangan maka malaikat maut cuba pula dari arah kaki. Malangnya malaikat maut juga gagal melakukan sebab kaki berkata: “Tidak ada jalan bagimu dari arah ini kerana kaki ini sentiasa berjalan berulang alik mengerjakan solat dengan berjemaah dan kaki ini juga berjalan menghadiri majlis-majlis ilmu.”

Apabila gagal malaikat maut, mencabut roh orang mukmin dari arah kaki, maka malaikat maut cuba pula dari arah telinga. Sebaik saja malaikat maut menghampiri telinga maka telinga pun berkata:”Tidak ada jalan bagimu dari arah ini kerana telinga ini sentiasa mendengar bacaan Al-Quran dan zikir.”

Akhir sekali malaikat maut cuba mencabut orang mukmin dari arah mata tetapi baru saja hendak menghampiri mata maka berkata mata:”Tidak ada jalan bagimu dari arah ini sebab mata ini sentiasa melihat beberapa mushaf dan kitab-kitab dan mata ini sentiasa menangis kerana takutkan Allah.”Setelah gagal maka malaikat maut kembali kepada Allah S.W.T.

Kemudian Allah S.W.T. berfirman yang bermaksud : “Wahai malaikatKu, tulis AsmaKu ditelapak tanganmu dan tunjukkan kepada roh orang yang beriman itu.” Sebaik saja mendapat perintah Allah S.W.T. maka malaikat maut menghampiri roh orang itu dan menunjukkan Asma Allah S.W.T. Sebaik saja melihat Asma Allah dan cintanya kepada Allah S.W.T maka keluarlah roh tersebut dari arah mulut dengan tenang.

Abu Bakar R.A. telah ditanya tentang kemana roh pergi setelah ia keluar dari jasad. Maka berkata Abu Bakar R.A:”Roh itu menuju ketujuh tempat :

1. Roh para Nabi dan utusan menuju ke Syurga Adnin.
2. Roh para ulama menuju ke Syurga Firdaus.
3. Roh mereka yang berbahagia menuju ke Syurga Illiyyina.
4. Roh para shuhada berterbangan seperti burung di syurga mengikut kehendak mereka.
5. Roh para mukmin yang berdosa akan tergantung di udara tidak di bumi dan tidak di langit sampai hari kiamat.
6. Roh anak-anak orang yang beriman akan berada di gunung dari minyak misik.
7. Roh orang-orang kafir akan berada dalam neraka Sijjin, mereka diseksa berserta jasadnya hingga sampai hari Kiamat.”

Telah bersabda Rasullullah S.A.W: Tiga kelompok manusia yang akan dijabat tangannya oleh para malaikat pada hari mereka keluar dari kuburnya:

1. Orang-orang yang mati syahid.
2. Orang-orang yang mengerjakan solat malam dalam bulan ramadhan.
3. Orang berpuasa di hari Arafah.

Sekian untuk ingatan kita bersama.
Wassallam.

Komentar
  1. same mengatakan:

    bagus kho, kalo bisa sebaiknya dicantumkan referensinya, plus diperbanyak bahasannya…
    tks

  2. Hamba Allah mengatakan:

    Kita ni ingat mati jah, tapi taubatnya tak pernah..so kalu camni macam mana nak selamat di akhirat…astaghfirullahal’azim

  3. budis mengatakan:

    ya setelah baca artikel ini. kita harus inspeksi diri kita masing-masing. sudah siapkah bekal kita untuk menerima keputusan itu. ayo mulai sekarang kita siap-siap.

    • Nana mengatakan:

      benar kita harus siap 2x ,tp yg lebih kacau lg mertua say tidakpercaya ada nya hari kiamat ,ata matahati nanti datang ny dari west /Timur

  4. kristy mengatakan:

    pengin rasanya menjadi
    penghuni surga

  5. dhee mengatakan:

    adik saya meninggal sekitar satu tahun lalu, saya penasaran bagaimanakah keadaan ia sekarang. apa yang ia lakukan?

  6. christiawan yunanto mengatakan:

    bagaimana jika kita mati apakah kita akan masuk neraka.
    >ataukah kitakan menuju surga tolongf tunjukan aku jalan menuju surga
    >karena aku bosah hidup penuh denggan dosa

  7. Tri Cianto mengatakan:

    saya berharap, mudah-mudahan siapun yang artikel ini sadar bahwa masuk surga itu tidak mudah. sebelumnya kita harus berusaha terlebih dahulu dengan melakukan sholat dan beramal

  8. Tri Cianto mengatakan:

    saya berharap, mudah-mudahan siapun yang membaca artikel ini sadar bahwa masuk surga itu tidak mudah. sebelumnya kita harus berusaha terlebih dahulu dengan melakukan sholat dan beramal

  9. chechel mengatakan:

    Alhamdulillah…dengan membaca referensi tersebut mudah2an sholat kita akan lebih khhusyuk dan giat.amien…

  10. revi 18 tahun mengatakan:

    dengan adanya artikel sy smakin takut.dan makin syg pd agamaku ,tuhanku.malaikatku.nabiku….dan memperbanyak amal.memperbanyak amal.bkn brarti uang akn hbs.kita akan tetap menunggu kematian..dan kita akan merasakanya

  11. rara mengatakan:

    ini sumbernya mana ya…??? memang sih menyentuh tapi saat sumber tidak jelas, nanti takunya hanya dari orang iseng…. tolong kirim referensinya ke email saya ya… soalnya saya lihat artikel ini sudah begitu banyak menyebar di internet tanpa ada yang bisa menunjukkan dalil atau ayat-nya…. thnx so much

  12. RUDI (SMPN 3 GRESIK) mengatakan:

    ampun ya ALLAH hamba ingin bertobat ya ALLAH Ampuni dosa hambamu ini ya ALLAH……….Amin ya robbal Alamin

  13. pha mengatakan:

    mampus lu kho .. narok artikel asal aja.. sumbernya darimana hayooo… hehehe… kapan lu ke pkb lagi ?

  14. Anton TM mengatakan:

    kangge pangemut kamaotan sae pisan nanging upami tiasa harus ada dalil-dalilnya, karena menyitir ucapan Rasulullah SAW dan para sahabat … sory bahsanya campur Sunda , maklum ti dayeuh Jonggol

  15. jupe mengatakan:

    kamu taw drimana asal refrensi ini????tolong jangan asal nasih refrensi,ntar malah dosa………..

  16. wawan mengatakan:

    tausyahnya bagus bgt, tapi tolong diperlengkap dengan hadish dan sumbernya dari mana..? dan hadistnya diriwayatkan oleh siapa sehingga kita lebih yakin kebenarannya……moga2 stelah baca tausyah diatas kita lebih takut kepada allah, khusu dalam sholat, mengerjakan perintahnya dan menjauhi larangannya…..

  17. -Vallevie--_- mengatakan:

    hahaha memank. kita harus terus beribadah kepada yabg naha kuasa.

  18. -MeNDeMHoLiC- mengatakan:

    mending ga usah mempermasalahin smber referensinya

    cm org bodo yg nyari kejelekan org laen n g ngliat kbaikan yg trsmbunyi

  19. Dynz mengatakan:

    Kita sebagai mahkluk Allah SWT, sudah sepantasnya mengerjakan apa yang diperintahkannya dan menjauhi larangannya. dan kita kalau beribadah semata-mata hanya karena Allah SWT saja, bukan karena kalau kita beribadah akan masuk syurga dan kalau kita tidak menjalankan perintahnya kita akan masuk neraka, jadi seolah-olah ibadah kita hanya karena takut masuk neraka atau hanya ingin masuk syurga. Ikhlaskanlah ibadah kita hanya karena Allah SWT saja.

  20. arina mengatakan:

    yah…. kok ga bisa di copy sich…
    padahal mau nyebarin ke temen2, supaya siaga 1 menghadapi kematian…
    besok2 blh di copy ya artikelnya…
    biar bisa disebar ke banyak orang, oke

  21. nur mengatakan:

    saya setuju bgt denga artikel ne dan semoga orang-orang yang membaca artikel ne menjadi taubat dan segera sadar dan mudah2han kita semua termask orng yang terpilih untuk disadarkan akan tanda2 ne semua aminnnnnnnnnnnn,………..

  22. ibnu_tapang mengatakan:

    ya emang hidup ne hrs sesuai dgn aturan siapa yg mau jln sesuai aturan dia yg selamat tuk itu smua tergantung kt mau ngak n smua pst bs.

  23. ahmad zaenudin mengatakan:

    dengan ini ane jadi semakin takut karena ajal datang kapan saja dan dimana saja

  24. adan mengatakan:

    lebih banyak lagi referensinya, agar lebih,,lagi mendalami hakekat kematian.

    kini ana sadar bahwa ulang tahun bukanlah happy-happy melainkan selalu mengintropeksi diri bahwa umur semakin berkurang..

  25. wahyuni fitri aprianti mengatakan:

    sangat bagus dan dapat menggerakkan hati setiap orang yang membacanya untuk mendekatkan diri kepada allah, hanya saya kira perlu di tambahkan sedikit mengenai deskripsi syurga dan neraka. sehingga mereka yang membaca merasakan nikmatnya surga dan ketakutan akan neraka sehinngga mereka akan meningkatkan keimanannya

  26. achmadun mengatakan:

    Astaghfirulloh….
    ternyata kematian itu sangat…. sangat…sangat dekat dengan kita…..
    suadhkah kita persiapkan diri menghadapinya…..
    laa ilaaha ila llah….
    asyhaduanna Muhammadar rasulullah…

  27. amir hasan 40th mengatakan:

    Tulisan ini sangat bagus, tapi referensinya musti jelas.
    Oke brur..!!! Referensinya!!!

  28. muhammad iqbal mengatakan:

    ASS.saya sangat beruntung dapat mnemukan pembahasan ini.
    kalau bisa penulis mencantumkan referensinya biar jelas.WSLM

  29. adhi mengatakan:

    Untuk mengingatkan kita akan kematian yang bisa datang kapan saja walaupun referensi tidak dijelaskan, dan sebagai bahan renungan utk bertanya kepada diri sendiri andai sekarang saya mati,saya gol yang masuk mana?

  30. Sri Maryuni mengatakan:

    Cara cerdas untuk menambah keimanan diantaranya menulis tanda-tanda kematian,terimakasih banyak.Dengan melengkapi reverensi dari uraian di atas membuat kita semakin bertambah wawasaannya yaaaaa

  31. corina elawini kuppa mengatakan:

    bagus artikel yach mudah2an dapat menambah keimanan kita , dan kalau bisa buat artikel yang bagus2 lagi yach… semoga kita selalu mendekatkan diri kepada allah swt dan mohon ampun kepadamu ya allah swt amiiin….

  32. Maria mengatakan:

    aku dah mau mati..
    dada ini selalu sakit ..
    ak terkena kanker stadium 4..
    hha..
    ternyata kalo sudah menunggu ajal memang melelahkan

  33. denny natalian mengatakan:

    Assalamualaikum wr wb
    artikelnya bagus banget, dengan mengungat kematian insya ALlah mempertebal iman & taqwa kita (aamiin)
    Emang sebagusnya ada dalil yg kuat, namun menurut saya enggak jadi masalah sebab secara keseluruhan artikelnya sangat menyentuh.
    Wassalamualaikum wr wb

  34. Riyand mengatakan:

    Umur manusia emang g’ panjang ^^

    Dunia Hanya Jalan Untuk Pulang …

  35. aziez mengatakan:

    ALLAHHUAKBAR

  36. nel_22 mengatakan:

    bertaubatlah kalian semua

  37. bimbim mengatakan:

    Subhanallah……….Maha Suci Allah yang telah menghidupkan & memberikan kenikmatan bagi kita smua….

  38. minnie mengatakan:

    aku juga pengen mati kaya gitu rasanya itu adalah nikmat terbesar yuang bisa didapat oleh seorang hamba, prend2 sma doain ya aq bs ky gt

  39. rony mengatakan:

    mulai detik ini….. perbaikilah amal ibadah kita… melainkan karna ridho allah swt menuju kehidupan setelah mati

  40. tino mengatakan:

    kirimi saya ilmu yang banyak ( artikel islam )

  41. ridyan mengatakan:

    kalo bisa sama dailil nya biar lebih jelas dan ga meragukan

  42. indah mengatakan:

    artikelnya sangat membantu saya mendalami saya,apa bisa saya dikirimi artikel2 seperti ini di email : nunk_qa@yahoo.com….mksh banyak…

  43. SAm mengatakan:

    Subhanallah maha suci Allah dengan malaikat-malaikatnya beserta para nabi dan Rosullunya.serta sholawat dan salam untuk junjungan nabi besar Muhamad saw.gw termasuk orang yg melalaikan sholat,Dzikir kepada Allah,kurang bersukur n sering melalaikan puasa di bln Rhamadan.semoga artikel ini dapat memebantu kita untuk menjadi lebih dekat kepada Allah.

  44. emma mengatakan:

    Alhamdulillah…semoga Allah SWT memberikan yang terbaik bagi kita…Amin..

  45. Arie mengatakan:

    Kulu nafsin ja’ iklatul maut, setiap yang bernyawa pasti akan mati, aku menyadari bahwa diri in penuh noda dan dosa, mohon ampun ya Rab, tunjukkan hambamu ini jalan yang Engkau Ridhoi, ampun Ya Allah………

  46. makhrus mengatakan:

    semoga umur panjang, banyak amal

  47. [...] Tanda-tanda kematian.. (Sholat yuk..) [...]

  48. deade mengatakan:

    Pada setiap artikel atw tulisan mang baiknya dicantukan sumbernya, untuk menambah keyakinan yang membaca. Tetapi setidaknya, tausiah ini mengingatkan kita akan hari akhir (kematian) dan dapat mempertebal iman kita untuk tetap istiqomah…

  49. Rio mengatakan:

    ayolah cepat bertaubat,karena kematan akan datang kapan saja.jika telah datng kematian maka tidak ada kesempatan untuk bertaubat.

  50. irfan fakih mengatakan:

    Seandainya yang diterangkan ini dilengkapi dengan dalil yang sahih, insya4jjl akan lebih afdhol dan tidak ada keraguan.
    Hanya dengan Ilmu kita kenali Agama Islam yang suci ini. Apa lagi 4jjl sudah menjamin akan kebenaran Islam, dalam firmanNya ” Inna diina indhallahi islam”

  51. pietz mengatakan:

    MasyaAlloh………jadi keinget dosa ne……….ya Alloh, ampunilah dosa2 hambaMu ne……..beriLah hambaMu ne surga terindah MU, amien…..

  52. semprut mengatakan:

    jangan mikir ttg referensinya. tanya aja ama mata hati imanmu
    kalo sekiranya itu benar, maka emang bener. kalo gak, baru tanyain ke ulama yang kamu kenal benar-benar berilmu
    lihat segala sesuatu dari awal & tujuannya
    sekiranya hal itu mampu menambah iman & cintamu pada Allah & kekasihNya, jangan pernah ragu!

  53. tila mengatakan:

    eh ank multimedia kls x bertaubatlah kmu sblum ajal menjemputmu key

  54. andini dian ananda mengatakan:

    bismillahi rahmanirrahim,,,,,,,?
    hanyalah pdmu aku mengelu tiada yg lain yg pantas ku sembah krn engkau lah tuhanku. dan tunjukan jln yg terbaik u/ ku agar ku bs menjalani hdp dngn rahmatmu,berkahmu n hidayahmu.
    tuhan,,,,,,,,,,,,,,,,,,?
    bg yg membaca k psn kan bertaubatlah sblm utusan allah dtng menjemputmu agar enkau bhgia d- hr kemudian.
    amien,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,?

  55. Oka Mahendra mengatakan:

    Urusan hidup mati adalah wewenang Allah & manusia sama sekali TIDAK BERHAK dan TIDAK DIBERI PENGETAHUAN untuk menentukan kapan seseorang meninggal.

  56. kandar mengatakan:

    menjalankan PerintahNya,Niat dengan iklas , berbuat banyak kebajikan insya ALLAH kita mati dijalan ALLah..

  57. mun mengatakan:

    Dengan adanya artikel ini aku mendapatkan ilmu yang dulunya q gak tau ,,,,,,,,,,,,,,,dan sekarang menajdi tau,,,,,dan semoga kita semua bisa mengambil hikmah dari artike ini……..dan bersiap2 kematian kan gak ada yang tau…………siapa tu kita sedang anak2 gni malaikat datang menjmput kan gak tau….tau gak besok…..hehehheh yah sukses tru………wasakam and terima kasih

  58. lia@ mengatakan:

    wahai”orng-orang yang beriman .jika kamu merasa mahluk ciptaan allah maka bertaubatlah sebelum malaikat maut datang mencabut nyawamu. minta ampunanlah kepada orang tuamu dan kepada orang sering kamu sakiti hatinya.dan ketahuilah jika kamu sudah melaksanakanya .maka tunggulah surga yang akan kamu dapatkan,key??????

  59. Fariz mengatakan:

    A’KUM… BETAPA ALLAH ITU MAHA PENGASIH LAGI MAHA PENYAYANG KEPADA UMATNYA. D Saat tibanya kematian pun allah tunjukkan tanda2 kematian kita sebagai persediaan kita memperbaiki apa yg selama ini kita leka melaksanakannya.oleh itu berdoa lah kita semoga kita tergolong dalam golongan org2 yg mendapat petunjuk dan rahmatnya.aminnn…

  60. fachri ardiansyah mengatakan:

    ass..
    apakah kita sudah siap menghadapi kematian? hal apa yang akan kita bawa untuk menghadapi kematian,,,,hanya amalan ibadah kepada ALLAh swt.yang akan kita bawa untuk menghadapi kematian..
    untuk itulah,,,wahai umat Muhammad,kembalilah ke jalan ALLah swt.yang lurus…
    jangan lagi kau sia-siakan akhir hudupmu untuk berbuat hal yang menyelewengkan perintah ALLAH swt.
    wassallam…

  61. fitri mengatakan:

    assalamu’alaikum
    subhanallah sungguh besar kemuliaan-Mu, banyak sekali pelajaran yg dpt kita petik…….anak ku udah pergi lebih dahulu meski umurnya baru 4 tahun tapi aku berharap Allah selalu bersamanya dan melindunginya walau akugak bersamanya tapi aku slalu berdoa agar mona slalu bahagia karena terlepas dari beban derita penyakitnya. Amien

  62. iea mengatakan:

    kematian…..

    sudah siapkah aku…??
    sudahkah aku beriman…??
    seberapa banyak dosa ku..??

    ya allah… bimbinglah aku…

  63. sutarya mengatakan:

    Subhanallah…. MAHA SUCI ALLAH yang telah menciptakan manuasia dan mematikan lalu menghidupkan kembali, kita harus harus senan tiasa percaya kepada hal yang gaib, dan senantiasa siap bila saatnya ajal menjemput dengan membawa amal soleh yang baik, amin…. wass

  64. maskadealita mengatakan:

    ALHAMDULLILAH aku serem bok jadi tambah rajin lagi ibadahnye tapi harus ada juga pesuportnye gimana ye

  65. mee mengatakan:

    saya tidak tau bagaimanakah kehidupan di akhirat itu,saya benar-benar tdk mau kehilangan orang yang sangat saya sayangi……….

  66. WISNUPRIYO mengatakan:

    aq ga takut mati, dgn mati aq berhenti berbuat jahat aq dah capek aq ga bisa berhrnti berbuat jahat klo bkn mati yg menhentikanya..YA ALLAH CEPET BUNUH AQ CEPEEET CABUT NYAWA QU YG KOTOR AMIN YAROBALL ALAMIN…

  67. Sudarmadji mengatakan:

    Sempurnakanlah Ibadah sebelum ajal menjemput. Insya Allah. Amiin.

  68. RIZHAL mengatakan:

    ASTAGFIRULLAH….AMPUNI DOSA HAMBA YA ALLAH….

  69. vieny mengatakan:

    semoga qt termasuk orang2 dari golongan kanan yang mendapatkan pengampunan dari Allah. Amin…

  70. iwan mengatakan:

    Orang yang beriman tidak dijemput oleh kematian, tetapi orang yang beriman menanti waktu kematian.

  71. hadi mengatakan:

    Bahasan anda cukup bagus. Tolong hal tersebut dikuatkan dengan dalil2 yang bs dipertanggung jawabkan.

  72. aNdReY mengatakan:

    subhanallah… terima kasih atas cerita ataupun penjelasan tentang topik tsb., karena bisa menggugah ataupun meningkatkan iman saya dan orang2 yang membaca tulisan ini (Insya Allah).
    Mudah2an bagi Anda yang telah menulis ini “Diampini segala dosa Anda dan mudah2an bisa kembaLi kepadanya daLam keadaan khusnul khotimah…( “Amiin”)

  73. st mengatakan:

    dashat banget artikelnya, doakan saya ya spy saya tidak pernh meniggalkan sholat

  74. binta mengatakan:

    aku seneng bgt tentang artikel ne…
    soal na aku jarang bgt yg nm na solat……..
    lht artikel ne jd pengen org yg muslimah n takut ma ALLAH SWT…
    t’q y…………

  75. yud on 0 mengatakan:

    mengerikan …kita termasuk dimana y

  76. Bondan ono mengatakan:

    Mdh2an ini jd renungan buat kita semua,sudah khusyuk kah sholat ku?

  77. man farid jember mengatakan:

    Masa akfif hidup kita sudah hampir habis, saldo pahala kita tidak cukup untuk malakukan panggilan ke surga, segera lakukan isi ulang di masjid terdekat.

  78. irwan riyadi mengatakan:

    kematian itu psti datang cpat ato lambat
    dy pasti datang
    smoga kelak kita(orang2 muslim di ringankan dlam mnghadapi sakaratul maut)
    amin allahuma amin
    dan diwafaatkan dlam keadaan khusnul khotimah
    amin ya robbal alamin

  79. broom mengatakan:

    ampun gua g mo jd orang jutek lagi deh…

  80. puspa mengatakan:

    ya Allah….Ampunilah dosa hamba yang berbuat dosa….

  81. Hamba Allah mengatakan:

    MAHA SUCI ALLAH….mngkin sangat menggetarkan hati….bagaimana jika kita tak bisa mengucap syahadat keti sakaratul maut???hiks hiks hiks..Ayo marilah semua bertaubat kepada Allah…mari kita bertakwa kepadaNya…

  82. a nur qomari mengatakan:

    sulit nya bertaubat .

  83. kasriful anshori mengatakan:

    mati adalah tidur yang panjang tak akan hidup kembaji,,,,berbuatlah baik dan bermanfaat bagi orang lain selagi masih hidup.

  84. kasriful anshori mengatakan:

    mati adalah tidur yang panjang tak akan hidup kembali,,,,berbuatlah baik dan bermanfaat bagi orang lain selagi masih hidup.

  85. ahmilu mengatakan:

    saya sungguh senang sekali belajar pengetahuan tentang agama islam, kesibukan keseharian membuat saya tidak punya waktu lagi untuk itu. Terlarut oleh mencari kebutuhan hidup di atas dunia ini. Saya sdh tdk merasa dekat lagi denganNya, karena memang saya sdh menjauh dan hampir melupakanNya. Na auzubillah. Ya allah dekatkan kembali aku ke pelukan Mu.

  86. erni mengatakan:

    Bisa ga kita melihat tanda-tanda kematian itu pada orang lain. atau hanya diri sendiri yang tahu?

  87. darussalam mengatakan:

    mudah-mudah ini semua bisa membuat kita sadar akan kematian maka dari itu perbanyak lah zikir dan sholat berdekat lah kepadanya

  88. ahmiluyulianor mengatakan:

    Kematian ! Adalah kata yang sering ditakuti oleh setiap orang. Karena kematian itu akan memisahkan manusia dari dunia menuju akhirat. Yang bagi sebagian orang adalah neraka atau sorga ! Akan tetapi bagi mereka yang mengetahui akan allah swt. kematian bukanlah suatu yang menakutkan. Bahkan itu adalah sesuatu yang selalu mereka tunggu tunggu. Karena kematian adalah suatu jalan untuk mempertemukannya dengan Tuhan ALLAH SWT. Mempertemukannya dengan CInta di atas Cinta. Keberadaan didunia ini adalah suatu persinggahan dari perjalanan menuju allah. Dan kematian adalah media ke tempat yang di tuju yaitu Allah swt.

  89. junaidi mengatakan:

    Allahu akbar..
    betapa takutnya aku menghadap Mu ya Allah
    betapa sedihnya aku mengingat dosa yg t’lah Q p’bwt
    brgetar hati bila ingat kebesaran Mu ya Allah
    kau maha penguasa atas seluruh isi langit dan bumi
    Allahu akbar..

  90. ahmiluyulianor mengatakan:

    Kematian !!! Siapa takut ? Dia pasti akan datang pada setiap kehidupan. Ada yang mengalami kematian dengan sakit – sakitan dulu, baru dicabut nyawanya. Ada yang melalui kecelakaan baru kematian datang menjemput. Ada yang mendadak’, orangnya sehat wal afiat, senyum sana senyum sini eh…tiba tiba ajal datang menjemput. Ada yang lagi diatas dada sedang senang senangnya bersenggama tiba tiba koit. Ada yang lagi dikamar mandi, diruang kantor, ditempat ibadah, dipegunungan, di pasar swalayan, dihutan, di atas langit, didalam pesawat terbang, didalam kandungan, dimana pun kematian itu akan datang kita yang hidup tidak akan bisa menolaknya. Oleh karena itu marilah kita hadapi kematian dengan segala kesiapannya. Semoga kita benar benar menyadari ketika KEMATIAN iTU AKAN DAT4NG !

  91. adhar mengatakan:

    INGAT KEMATIAN…. bukannya takut menghadapi kematian tapi takut akan dosa-dosa yg telah diperbuat dan bagaimana mempertanggung jawabkannya…..

    Terima kasih telah mengingatkan begitu dahsyatnya kematian tersebut…….doakan semoga kami yg berdosa cepat bertobat

  92. wawan Makassar mengatakan:

    Artikel ini sangat menarik,karena kita bisa merenung dan mengingat kembali bahwa apa yang kita punya di dunia tidak di bawa ke akhirat kecuali amal perbuatan yang baik,,,,,,,,marilah kita berbuat baik antar sesama….
    saran : mungkin saudaraku yang menulis artikel di sini perlu mencantumkan referency buku yang menjelaskan tentang tanda2 kematian untuk memudahkan orang mencari buku tersebut.

    Wasalam

  93. nora mengatakan:

    Artikel ini sangat menarik,dan memberikan saya 1001 ke insafan dalam diri saya…..
    Semoga saya dapat mempertingkatkan lagi amalan……
    bertapa kerdilnya diri ini…..

  94. Muhammad Yusuf mengatakan:

    Saya pernah membaca buku yang judulnya “Tidak Ada Azab Kubur”. Menurut yang saya baca, azab kubur tidak ada karena hanya jasad yang ada di kubur dan ruhnya tak bisa merasakan jika dicambuk. Bagaimana tanggapan Anda ? Terima Kasih.

    • Teguh karya mengatakan:

      Anda tak percaya sama siksa kubur….
      Lebih banyak lah membaca hadist nabi dan isi alquran.
      Jangan percaya sama buku buku yang tidak ada sumber hadistnya.

  95. SUBARI SUSILO mengatakan:

    UNTUK BAPAK M.YUSUF.
    MAAF PA,LEBIH BAIK ANDA JANGAN BELAJAR DENGAN MEMBACA BUKU
    TAPI ANDA BELAJAR DENGAN SEORANG UST ATAU HABIB JADI ADA PENJELASAN,MENURUT SAYA,’YANG MENCIPTAKAN RUH KAN JUGA RUH JUGA YAITU ALLOH SWT,JADI BILAMAN ANDA TIDAK PERCAYA DENGAN SIKSA KUBUR BERARTI ANDA TIDAK PERCAYA DENGAN HAL YANG GHOIB,SEDANGKAN KITA HARUS MEMMPERCAYAI YANG GHOIB,KARENA ALLOH SWT , MAIKAT KAN JUGA GHOIB

  96. hendri mengatakan:

    klau rohnya org kafir disiksa sampai hr kiamat, setelah itu roh mereka ditempatkan disurga atau neraka?

  97. devi mengatakan:

    Pak Yusuf baca buku Agus Mustofa ya? disana diterangkan kalau jasad memang tidak bisa disiksa karena jasad kita sudah hancur dengan tanah, tapi yang tersiksa itu Roh. bagi orang yang tidak pernah berbuat amal sholeh jelas rohnya akan tersiksa karena akan melihat tempat tinggalnya kelak yaitu Neraka. ibarat Mimpi buruk yang selalu menyiksa orang yang sedang tidur.memang menurut Agus Mustofa tidak ada yang namanya siksaan dicambuk atau dipukuli, cuma kita tidak bisa juga langsung percaya pada peryataan ini, kalau saya lebih baik mempercayai keadaan yang paling buruk biar kita bisa mempersiapkan diri, kalau toh nggak ada ya.. nggak rugi toh. tapi kalau bener ada kita nggak kecele….

  98. doni mengatakan:

    saya percaya dengan adanya hari kiamat.dan semua orang pasti akan mati.Tpi kenapa ya….orang-orang masih menyepeliin…..

  99. Rusdi mengatakan:

    Terima Kasih Banyak………………
    Atas Infonya…………
    Semoga Banyak Memberi Manfaat Kepada Yang Sempat Membuka Situs Ini!!!!!!!!!!!!!!11

  100. khusnul mengatakan:

    saya mo tanyak apa benar orang mati kecelakaan katanya mati sahid ,tapi bagaimana dengan orang yang g pernah ibadah tapi mati kecelakaan /tabraan

  101. MusLimah_nDa mengatakan:

    subhanallah…adalah takdir Allah yang mengizinkan saya membaca artikel ini..Luar biasa sungguh bermanfaat…
    adalah bijak mengingat kematian dan mengetahui tanda-tandanya
    dengan demikian roh ini akan siap menemui penciptanya
    syukron katsiron…
    tetapi ada baiknya jika referensinya di cantumkan,,,
    barokallah

  102. hamba allah mengatakan:

    bgus lahk jd qt tuch sedikit ny’ sadar akan kematian,,,!

  103. sam mengatakan:

    terima kasih atas blognya, semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca tarmasuk saya.

  104. andika mengatakan:

    emg benr ya mas / mbak tanda2 kematian nya

  105. vian mengatakan:

    maakasih ilmunya

  106. edojati mengatakan:

    Mohon….Janganlah Kamu memberikan berita berita palsu …..
    Sungguh Jangan…karena nanti akan timbul Fitnah……

  107. InsanKerdil mengatakan:

    sesungguhnya Allah swt Maha Pengasih..
    kadang-kadang Dia memberi petunjuk-Nya melalui mimpi hamba-Nya. Saya sendiri pernah mengalaminya. Syukur alhamdulillah… Kini saya sedar dan rasa cinta makin mendalam kepada-Nya. Kalian semua janganlah berputus asa dengan rahmat-Nya. Banyakkanlah berdoa. Berusahalah untuk mendapatkan keredhaan-Nya.

  108. suhaimi mengatakan:

    ingat mati kita lebih bersiap sedia

  109. iwan s mengatakan:

    Assalam..sayang maksud yang baik kurang memperhatikan isi nash yang dipakai..jika boleh tolong sampaikan dalil ini di dapat dari hadist qudsi, atau hadist yang bagaimana sanad dan rawinya?
    karena hanya Allah SWT yang Maha Mengetahui detik dicabutnya nyawa seorang hamba termasuk para Nabi dan Rasul.
    Berhati2 dengan pemakaian hadist..juga penafsiran dari Al-Qur’an.
    terima kasih.
    Wassalam

  110. kampret mengatakan:

    waduh kreatif banget nih,kok gak da dalilnya ?kayak buat crita ja !!!!

  111. Kasmat mengatakan:

    Bagus tapi sy penasaran dalilnya mana

  112. Hamba Allah. mengatakan:

    Subhanallah…allahu akbar,allahu akbar,allahu akbar…ampuni hambamu ini ya allah,karena telah lalai akan perintahMu..

  113. Rohman zaini mengatakan:

    Mudah2an Saudara penulis artikel ini tidak asal alias ngawoor, kalau mau dakwah harus ada acuan/refrensinya seperti dari Al-qur’an atau dari hadist, jadi seorang pendakwah/da’i memang harus begitu supaya tidak menyesatkan, ya kan coy …

  114. amed_poso mengatakan:

    Ya Allah … berikanlah hidayahMu kepada seluruh umat manusia.,

  115. istigfar mengatakan:

    Tobatttttttttt

  116. insan kamil mengatakan:

    apa-apa pun keinsafan perlu segera datang ! jangan sampai menyesal kemudian nanti….

  117. donadzku mengatakan:

    trims ya atas infonya..mudah-mudahan semangat ibadah tetap ada pada diri kita semua, amieen..

  118. MUFLIH mengatakan:

    JANGAN TAKUT MATI,,MATI ITU SALAH SATU FASE MENUJU KEKEHIDUPAN SELANJUTNYA

  119. stainless tanks mengatakan:

    Subhanallah…
    Setelah baca artikel ini hati saya terasa begetar seakan hidup ini hanya sesaat.
    Ya.. Allah hanya kepada mu aku menyembah dan hanya kepadamulah aku memohon pertolongan…..
    Semoga akhir perjalan dalam keadaan taat dan tunduk kepada-Nya.
    Amin……

  120. sigit mengatakan:

    alhamdulillah.. sebuah teguran yang teramat manis dari allah lewat sebuah karangan ini, mampu membuat hati ini tertunduk menyesal akan perbuaatan dosa yang telah lalu dan bersemangat menyongsong waktu yang singkat ini dengan amal sholeh + ikhlas lilliahi ta’ala

  121. noer hasan mengatakan:

    setelah membaca ini, masihkah kamu tidak mau sholat?

  122. wanita mengatakan:

    kematian itu suatu yang pasti terjadi………
    oleh itu kita hendaklah sentiasa bersedia menghadapinya…………

  123. adrian mengatakan:

    kematian itu pasti datang …««
    oleh karena itu kita harus beribadah cooyyyy
    biar masuk surga ..BIAR KATA GAUL TETEP KE MESJID DONK

  124. Rama Sejati mengatakan:

    Artikel yang bagus !

    Barangkali artikel berikut juga berguna bagi rekan rekan lainnya > Tanda tanda ?

  125. abri mengatakan:

    kalo busa dalil-dalilnya juga ya yg lengkap…. mati itu pasti dan tak bisa dipunkiri lagi, tp wktu kematian itu cuma ALLAH SWT yg tahu….!!!

  126. RELSY ANGRINIASTARI mengatakan:

    Mudah-mudahan bagi orang yang telah membacanya,akan sadar, dan bertobat………Amin…!
    “Sholatlah Sebelum Kamu Di Sholattih,………………………”

  127. Idris mengatakan:

    Manusia itu emang g sempurna, tapi dengan beribadah kepadaNya kita semua jadi sempurna… Amien…

  128. ariyanto mengatakan:

    Moga qta bisa Roji kpd Alloh Swt. Innalillahi wainna “Illaihi” Rojiun

  129. imanikhtiar mengatakan:

    mudah-mudahan dosa-dosa kita diampuni dan kita mati dalam khusnul khotimah..amin….

    titip link
    ——-
    Saatnya Kita SUKSES DUNIA dan AKHIRAT !, Insya Alloh…
    menjadi entrepreneur sekaligus pendakwah.
    Kunjungi web saya di:

    http://imanikhtiar.wordpress.com

  130. fai mengatakan:

    ya Allah, betapa bnyak dosa yang hamba lakukan?
    apakah hamba mu ini pantas untuk menempati syurga mu?…
    Ya Allah ampuni lah segala dosa hamba mu ini..
    Amiin..

    maf sya mnta ya.. artikelnya

    bagus!, lebih bagus, di tambahkan dalil2 nya juga..
    trmksh.

  131. awang mengatakan:

    ya ampuun betapa mengerikannya kematian.

  132. erlita mengatakan:

    mudah-mudahan kita termasuk orang-orang yang beriman dan ditempatkan diantara orang-orng beriman

  133. okho mengatakan:

    coba bayangkan saat kita menjalani cerita diatas.. ga usah pakai dalil.. tiap mahluk pasti berbeda.. namun intinya sama..
    yuk kita bagusin sedikit demi sedikit

  134. wahyu mengatakan:

    terima kasih atas penjelasannya, dengan ini saya bisa merasakan bagaimana perilaku yang kita buat, apakah pantas kita masuk surga sedangkan kita berlumuran dengan dosa, …..????!!! semoga dengan ini saya menjadi lebih dapat merubah diri saya sendiri menjadi yang lebih baik dari sebelumnya …

  135. ardio mengatakan:

    Terima kasih.

  136. azriel mengatakan:

    kematian akan di rasakan semua mahluk,kita ga perlu takut dengan mati,kalo kita takut dengan mati berarti dosa yang diperbuat sudah terlalu banyak,,setiap kita berbuat dosa ingatlah kematian akan menjemput kita cpt atau lambat

    • BOWO mengatakan:

      dengan membca di atas kita jadi ingat akan kematian yang mau ga mau pasti kita meraskan oleh karena itu marilah kita mempunyai ibadah andalan agar di hari ahir kita mendapat naungan ALLOH SWT.

  137. xiee mengatakan:

    maav … darimana anda tau semua ini ..

    • Rani mengatakan:

      ech…………kamu ko mlh nanya dari mana…………..
      yang penting itu isinya tau..,
      klu g’ ska ya udah jgn dipermasalahin……..
      jgn cri-cri ksalahan org.
      ok,mf ya cma saran aja……….

  138. Rani mengatakan:

    ” SHOLATLAH KAMU SEBELUM DISHOLATKAN ”
    karena hal pertama yang akan dipertanggung jawabkan di akhirat adalah sholat jadi perkuat, perbaiki lah sholat…
    Sholat kn tiang agama or tempatnya amal perbuatan kita,klu kita g’ sholat..ya………biar kita berbuat kebaikan sebanyak apapun klu sholatnya bolong-bolong hasilnya ya……..g’ ada or percuma aja.
    thanks………………

  139. SYAIFUDIN ZUHRI mengatakan:

    DENGAN ADAYA TANDA2 DI ATAS, KITA AKAN SELALU MENDEKATKAN DIRI KEPADA ALLAH SWT di mulai dari sekarang,
    namun saya ingin baca dan tahu REFERENSI YANG di pakai, karena di kitab DAQHOIHUL AKHBAR tanda kematian dimulai dari 40 hari, sedangkan 100 hari tidak ditemukan disana.
    mohon jawabannya.
    terima kasih.
    KAMI REMAJA MASJID KECAMATAN TANGGUL KABUPATEN JEMBER JAWA TIMUR

  140. ARDIANTO mengatakan:

    INGAT 5 PERKARA SEBELUM 5 PERKARA……
    Itulah petunjuk yang di berikan ALLAH SWT kepada kita,,,
    semoga kita semua selalu ingat 5 perkara tersebut.,….

    AMMIIIINNN…….

  141. dian witari mengatakan:

    ya allah..ampunilah segala dosa yang pernah hamba lakukan…hanya engkau lah hamba memohon ampunan mu,semoga engkau mendengar doa’doa hamba yg berdosa ini.amin!!!!

  142. doprizer mengatakan:

    subhanalloh..kapan..dimana..dan bagaimana kita akan mati..kita harus selalu ingat itu..ya allah..berikan kan la dan tempatkan la aku di tempat yang terbaik..jika aku kembali kepada mu..

  143. Insan Kuala Lumpur mengatakan:

    Banyaknye dosa-dosa ku seperti buih di lautan. Dosa yang ku lakukan seperti hujan yang mencurah. Namun sesungguh nya Kau maha pengampun. Ampuni lah dosa-dosaku! Ampunilah!

  144. gharin mengatakan:

    ini nyata.??

  145. Ahmad pranoto h mengatakan:

    subhanAlloh maha penerima tobat makanya sholat dg tulus iklas n khusu

  146. laiiya mengatakan:

    tau dari mana..
    kita mati gak ada yang tau
    sok tau banget
    cuma Allah yang tau..!!

  147. nurulz junior mengatakan:

    klu ditakdirkan saya mati…
    saya harap saya dapat mmbalas jasa kedua org tua saya & saya teringin nk jmp seseorg yg sy anggap mcm adik saya sendiri…my que sera

  148. ivan santauri mengatakan:

    ampunilah segala dosa ku ya Allah.
    berilah aku kekuatan untuk tidak mengulanginya lagi. amin..

  149. fahmara mumtaza mengatakan:

    Allahumma hawwin ‘alaina fii sakarotil mauut wannajata minannaar wal ‘afwa ‘indalhisaaaab…

  150. sahrul mengatakan:

    Saya pengen mati sajah
    saya gak sanggup hidup

  151. saepudin mengatakan:

    yaa alloh ….. berikanlah kekuatan kepada kami untuk bertobat sebelum mati, berilah rahmat ketika kami akan mati, berilah ampunan setelah mati kami, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, ringankanlah kami ketika di hisab,jauhkanlah kami dari api neraka, dan masukanlah kami kedalam surgamu yang penuh dengan kenikmatan. amiiiiin yaa alloh yaa roballalamin.

  152. Teguh karya mengatakan:

    Aku bersujud pada Mu.
    Tiada tuhan selain diri Mu.
    Jadikan aku insan yang senantiasa lurus di jalan Mu.
    Dan jadikanlah aku penegak agama Mu.
    Ampunilah dosaku ya Allah.

  153. Teguh karya mengatakan:

    Wong kok le do ruwet…
    Memang obat ngeyel beli di apotik tak ada yang jual…
    Sabar aja kang.

  154. hadi prasetyo mengatakan:

    semoga kita semua sadar..

  155. deden usna ginanjar mengatakan:

    Yakin “ALLOH” akan mehitung selama hidup didunia yang sebentar ini atas segala perbuatan baik maupun buruk mudah2an kita termasuk orang yang sholeh amiin

  156. ula mengatakan:

    semoga kita diberika rahmat agar kita senantiasa selalu bisa mangingat tanda kebesaran allah s.w.t agar kita tidak mendapat kesulitan pda saat nanti menghadapi sakaratul maut

  157. wawan mengatakan:

    ya RABB berilah hamba hidayah MU selallu,matikanlah aq dalam khusnul chotimah…………….dan berilah aq pencerahan dan kecerahan dalam hidup yg q jalani ats perintah MU ya RABBULALAMIN…………………..AMIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIN!

  158. agus mengatakan:

    tolong tunjukkan kepada saya dalilnya tanda tanda kematian dari 100 hari sampai 1 hari sebelum mati tersebut diatas, saya hanya ingin tahu apa ini bisa di pertanggung jawabkan. terimakasih

  159. RhyaEnes Gizi mengatakan:

    Subhanallah

  160. MUHAMAD HIDAYAT mengatakan:

    wahai mahluk Allah S.W.t. kita sebagai ciptaanNYA,haruslah kita,menyembahNYa.coba kita rasakan,diwaktu kita sholat.(khusu),kita bagaikan mahkluk yang tak ada artinya,tapi manusia sekarang ini banyak sekali yang merasa dia tau.dimana-mana do sekitar jagad raya ini,banyak sekali kejadian-jadian yg membuat umat muslim(khususnya)menjadi pecah.rasakanlah nanti wahai mahkluk,janganlah kalian bermusuhan.jalinlah silaturahmi sebagai umat muslim.jangan kalian mau di adu-adu.peganglah kaidah yg talah di ajarkan rasullullah saw.jadi kita sebagai umat MUHAMAD S.A.W,jalinlah rasa persudaraan sesama muslim.coba anda renungkan,bagaimana rasul menyebarkan syariah,untuk semua umat islam,supaya pengikutnya SELAMAT dunia dan akhirat.biarkanlah orang kafir,merasakan sorganya sekarang ini.namun pahit yg akan mereka rasakan di hari PEMBALASAN nanti.

  161. ahmadriyadhmz mengatakan:

    ass..syukron infonya, kalau boleh tau sumbernya dari mana yah? kunjungi http://www.ahmadriyadhmz.wordpress.com dtunggu komentnya afwan…

  162. Bapak Guru mengatakan:

    BUTUH IJAZAH UNTUK MENCARI KERJA – MELANJUTKAN KULIAH – KENAIKAN JABATAN ?!?!
    KAMI JASA PEMBUATAN IJAZAH SIAP MEMBANTU ANDA UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN IJAZAH UNTUK BEKERJA ATAU MELANJUTKAN SEKOLAH / KULIAH.
    BERIKUT INI MERUPAKAN JASA YANG KAMI SEDIAKAN

    -SMU:4.000.000
    -D3:6.000.000
    -S1:8.000.000

    * AMAN, LEGAL, TERDAFTAR DI UNIVERSITAS / KOPERTIS / DIKTI, BISA UNTUK MASUK(PNS, TNI, POLRI,BUMN, SWASTA)

    JUGA MELAYANI PEMBUATAN SURAT SURAT PENTING SEPERTI:SIM, STNK, KTP, REKENING BANK, SURAT TANAH, AKTE KELAHIRAN.BPKB, N1, SURAT NIKAH, DLL

    SYARAT:KTP/SIM,FOTO BERWARNA DAN HITAM PUTIH,UNIVERSITAS YANG DITUJU,IPK YANG DIMINTA(MAX 3,50),TAHUN KELULUSAN YANG DIMINTA,ALAMAT PENGIRIMAN YANG DIMINTA.KIRIM KE : ijazahinstan@ymail.com

    HUB: +6285736927001

    (HANYA UNTUK YANG SERIUS SAJA)

    Nb:Semua manusia berhak meiliki pekerjaan dan pendidikan yang layak,entah dari kalangan atas,menengah dan bawah.Maka dari itu kami ada untuk anda yang mebutuhkan ijazah atau surat-surat penting lainnya

  163. salam kenal mengatakan:

    assalamualaikum,

    afwan okho…
    klo bisa hadist2 yang di tulis di atas…
    di sebutkan…riwayat siapa???dari kitab apa???
    agar kita semua bisa cross-check juga…

    nuhun

  164. inzan mengatakan:

    subhanAALLOH,.sudah dekat

  165. muhammad ridho mengatakan:

    maha besar allah dengan kesempurnaanya..smoga kami smua termasuk orang2 yang slu mendapatkan safaatmu ya allah

  166. 1111 mengatakan:

    Ojo Angger Njeplak tunjukkan dalilnya

  167. Liz Ti A Wan mengatakan:

    agstafirullahaladzim,, moga aja gua ikut para ulama ke surga firdaus
    amien

  168. endy mengatakan:

    rasakand kematianMu dgn membAca situs ini..

  169. endy mengatakan:

    Sungguh merugi bagi orank2 yg tak melaksanakan perintahmu ya allah,. Tuntunlah aq ke jalanMu!

  170. eiqa mengatakan:

    tnde atas lagy dari pde 100 hari ade x?maybe 5 thun ke

  171. RACHMAD mengatakan:

    u cristiawan yunanto dan kita semua: BISMILLAH… “MASUKLAH ISLAM SECARA KAFFA(SEMPURNA)”, ISNYAALLAH ALLAH SWT AKAN MEMPERBAIKI AMAL2 KITA SEMUA,AMIIN…

  172. nova mengatakan:

    Subhanallah, ternyata aku masih ada kesempatan mendapat ilmu… berlomba lomba lha untuk menuju Syurga Allah…

  173. Manfreedo Freedo mengatakan:

    khas buat semua…ditahun 2012…amin…

  174. Nanang Apriyanto mengatakan:

    Ya Allah ya Rabbi. . .
    aku takut kalau masuk Neraka mu
    ampuni lah dosa-dosa ku yang tak ter hitung ini Ya Allah
    jika ajal telah menjemputku maka ambillah aku dengan keadaan Khusnul Khatimah
    Amiiiinn ya rabbal alamiiinn. . . . .
    insya allah akan aku tingkatkan Ibadah ku lagi amiin. . .

  175. dinda siti mengatakan:

    kantun mlampahi……..alias tinggal menjalani. terimakasih :)

  176. h.yusuf mengatakan:

    terima kasih artikel ini membuat kita selalu waspada dengan selalu mengerjakan amal ibadah sesuai dengan rukun iman dan islam sehingga hidup kita selamat dunia dan akhirat.
    Terima kasih. h.yusuf

  177. eva fadlillah mengatakan:

    sae pisan artikelna kalo bisa mah dtulis dari hadits siapa? hatur nuhun

  178. eni indryati mengatakan:

    ya allah ampuni dosa2ku dan kedua orang tuaku dan keluargaku anak dan suamiku….amien….semoga kami termasuk golongan orang yg berimtag dan brsyukur kepadamu,,

  179. afif delima mengatakan:

    ya allah jadikanlah kami orang2 yg engkau ridhoi…. amin…

  180. ahamad mengatakan:

    yo…seng solate ijek bolong di ttutup

    • 05060009 mengatakan:

      Membuat Q’perlahan2 untuk melakukan kebaikan..tksy ud menggigatkan.wlaupun it rekayasa setidaky ud cukup lumayan menggigatkan umat muslim.

  181. jumadi saifulloh mengatakan:

    mari kita koreksi diri masing-masing, sudah siapkah jika ajal datang menjemputku kita, “hasibu anfusakum qobla antuhasabuu” hisablah diri kalioan sebelum kalian di hisab. disisa umur yang ada ini mari kita jadikan ladnga ibadah, kita jadikan sepanjang hari kita bertabur doa dan kasih kepada orang tua kita, jaga solat, jaga ukhuwah semoga kita mati dengan husnu khotimah

  182. elementary school mengatakan:

    If there is no count of the finest catering services you
    might should locate a place to obtain a procedure in this time of day and age.
    CO2 laser works by vaporizing and destroying tissue and attacking cellulite directly.
    Although surgeries most of these banquet halls is that they demand
    an inflexible routine in order to stop the most common
    causes of hemorrhoids.

  183. wine mengatakan:

    One island in Hawaii which is toured by millions of guests each
    year. Martin, Grand Cayman, Aruba, and Curacao.

  184. @NizamDragneel mengatakan:

    bacaan yg mnarik…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s