Bikin router pake 1 ethernet card? (iseng banget sih..)

Posted: 16 September 2006 in Creative Zone

Buat yang bener2 ga punya budget untuk beli 1 ethernet card. atau mungkin lagi males atau cari mau yang aneh2..

sistem operasi yang digunakan oleh penulis adalah Linux Centos 4.4

yuk…

#!/bin/sh
#filename:routerscript

#script untuk konfigurasi router dengan menggunakan 1 ethernet card yaitu eth0
#dengan memanfaatkan IP ALIAS

#source function library
. /etc/rc.d/init.d/functions

PATH=/bin:/usr/bin:/sbin:/usr/bin
IPT=/sbin/iptables

DEV_OUT=eth0
IP_OUT=192.168.1.2

IP_GW=192.168.1.1

DEV_IN=eth0:0
IP_IN=192.168.100.1
LOCALNET=192.168.100.0/24

case “$1” in
start)

action “MENGAKTIFKAN ROUTER” /bin/true

#SET IP
/sbin/ifconfig $DEV_IN $IP_IN
/sbin/ifconfig $DEV_OUT $IP_OUT
/sbin/ifconfig lo 127.0.0.1

#TERAPKAN PACKET FORWARDING
echo 1 > /proc/sys/net/ipv4/ip_forward

$IPT -F
$IPT -t nat -F
$IPT -t nat -A POSTROUTING -o $DEV_OUT -j SNAT -s $LOCALNET –to $IP_OUT
#$IPT -A FORWARD -i $DEV_OUT -o $DEV_OUT -j REJECT

#AKTIFKAN DHCP SERVER
/etc/init.d/dhcpd start

#AKTIFKAN SAMBA SERVER
/etc/init.d/smb start

#AKTIFKAN HTTP SERVER
/etc/init.d/httpd start
;;

stop)
action “MENONAKTIFKAN ROUTER” /bin/true

#HENTIKAN PACKET FORWARDING
echo 0 > /proc/sys/net/ipv4/ip_forward
$IPT -F
$IPT -t nat -F

#SET GATEWAY
/sbin/route del -net $LOCALNET gw $IP_GW dev eth0:

#NONAKTIFKAN DHCP SERVER
/etc/init.d/dhcpd stop

#AKTIFKAN SAMBA SERVER
/etc/init.d/smb start

#NONAKTIFKAN HTTP SERVER
/etc/init.d/httpd stop
;;

restart|reload)
$0 stop
$0 start
;;

*)
echo $”Usage: $0 {start|stop|restart|reload}”
exit 1

esac

simpan dimana kamu suka, misal /home/okho/routerscript

trus chmod 755 /home/okho/routerscript

terakhir tambahkan di /etc/rc.local

#!/bin/sh
#
# This script will be executed *after* all the other init scripts.
# You can put your own initialization stuff in here if you don’t
# want to do the full Sys V style init stuff.

touch /var/lock/subsys/local
/home/okho/routerscript start

kemudian ini sebagai bonus biar routernya bisa jadi DHCP Server. ketik ini di /etc/dhcpd.conf

#
# DHCP Server Configuration file.
# see /usr/share/doc/dhcp*/dhcpd.conf.sample
#
ddns-update-style interim;
ignore client-updates;

subnet 192.168.100.0 netmask 255.255.255.0 {

# — default gateway
option routers 192.168.100.1;
option subnet-mask 255.255.255.0;
#option domain-name “nit.com”;
option domain-name-servers 202.134.2.5;

# SERVER NTP “ntp.kim.lipi.go.id”
option ntp-servers 202.152.241.83;
# option netbios-name-servers 192.168.100.1;

range dynamic-bootp 192.168.100.10 192.168.100.100;
default-lease-time 21600;
max-lease-time 43200;

# we want the nameserver to appear at a fixed address
#host adm {
# hardware ethernet 12:34:56:78:AB:CD;
# fixed-address 207.175.42.254;
#}

host adm {
hardware ethernet 00:11:95:61:60:95;
fixed-address 192.168.100.55;
}
}

sekarang ketik /home/okho/routerscript start sebagai root . jadi deh..

Komentar
  1. andi mengatakan:

    mas saya baru belajar linux yang enak selain centos apa aja
    buat router dengan dua NIC

  2. okho mengatakan:

    Hi Andi,

    semua sistem operasi 32bit bisa dibuat router dengan 1 atau lebih NIC. jadi begitupun dengan semua distro linux.

    namun ada beberapa distro linux yang memang dibuat khusus untuk router seperti LRP, Freesco (http://www.freesco.org/) dll

    kalau ingin
    1. mendalami networking atau
    2. terbiasa dengan syntax Cisco Router atau
    3. menggunakan protokol Routing tingkat lanjut seperti BGP, OSPF dll

    dan kamu ingin dapat semua itu di linux, install Zebra di linux box kamu.

    Happy routing!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s